Search This Blog

Translate

April 12, 2013

There are many problems between Mylife and Myself

Ini posting pertamaku dibulan kelahiranku April
~ Sebelumnya Happy Birthday To Myself yg ke 19 tahun (on 8th of April) :)


Pagi ini saat mata terbuka, aku bangun melihat sang lappyku (laptop kesayangan) masih menyala semalaman... haha aku tertidur cukup pulas mlm ini, 

kutulis ini saat imajinasiku sangat kuat karna masih dalam keadaan setengah sadar (hebat bukan?).

yap, dalam hidupku banyak hal yang menjadi masalah.. karna hidupku atau sisi lain dari hidupku dan diriku, orang lain bahkan lingkungan dan bayanganku sendiri...

Well, orang lain.. aku ibaratkan semua orang layaknya seperti bayangan. Saat cahaya datang bayangan akan muncul mengiringi tetapi saat gelap datang, bayangan akan pergi jauh entah kemana... begitulah kira-kira...
Kesimpulannya adalah, saat aku memikirkan pengibaratan tersebut ada satu hal yang penting disisi lainnya yaitu "tidak bergantung pada orang lain" karna mereka tidak akan selalu ada disaat kita butuhkan seperti saat kita dalam kesusahan.
Tapi terkadang, saat gelap akan ada sedikit cahaya maka bayangan akan tampak... mungkin itu dari sekian bayak manusia dibumi yang tulus datang menemani memberi cahaya saat gelap dalam hidup seseorang muncul dan itu adalah 'istimewa' . Yah, seperti layaknya hujan dan sinar matahari yang beriringan adalah sesuatu yang istimewa terjadi.

Banyak masalah dalam hidupku yang orang lain tak memahaminya selain diriku sendiri. Tapi kadang diriku sendiri menjadi masalah dalam hidupku. Jadi aku menulis ini untuk mengungkapkan apa yang ingin sekali kuungkapkan agar sedikit beban tentang hidupku dan diriku terasa lebih ringan. So, ini adalah tentang masalah antara hidupku dan diriku.

Apa kalian pernah mendengar cerita tentang 'The Ugly Duckling' ? yah di negara kita dongeng ini disebut Si Itik Buruk Rupa, sebuah telur yang lama menetas dibanding yang lainnya.. si bungsu yang saat menetas berwarna abu-abu, sangat jelek dibandingkan kakak-kakaknya... mereka cantik, bulu-bulu mereka kuning dan paruh mereka lebih bagus dibandingkan dirinya..



Sedikit tentang si itik buruk rupa ini,Masalahnya adalah hidupnya dan dirinya sendiri... itik ini makan lebih banyak dari yang lainnya dan dia tumbuh lebih besar dari yang lain.. Hari-hari berlalu, dan si itik yang buruk rupa semakin merasa tidak bahagia, Kakak-kakaknya tidak mau bermain dengannya, dia sangat kikuk dan semua hewan dipedesaannya mencibirnya dan menertawakannya, Ia merasa sedih dan kesepian, sementara Si Ibu Itik mencoba menghiburnya,
“Ah Itik Buruk Rupa yang malang!” Ia berkata. “Mengapa kau sangat berbeda dengan yang lain?”.

Dan si Itik Buruk Rupa merasa lebih sedih lagi, dia diam-diam menangis pada saat malam. Ia merasa tidak ada yang menyukainya. “Tidak ada yang menyayangi aku, semua meledekku! Kenapa aku berbeda dari kakak-kakakku?” hanya kata-kata itu yang dipikirkannya.
Akhirnya dia memutuskan untuk pergi dan melarikan diri dari semuanya, saat bertemu dengan orang lain dia menanyakan apakah mereka pernah melihat itik sepertinya? tapi mereka berkata tidak pernah dan tidak pernah melihat itik sejelek dia dan mencibirnya. Si itikpun semakin merasa sedih dan lelah bertanya kesana kemari, ia melihat keatas dan melihat kawanan angsa, si itik merasa kagum, sangat indah.. sangat cantik.. dan semakin sedih.. "ingin rasanya seperti mereka walau hanya sehari saja" dan dia menyendiri hingga akhirnya saat musim dingin si itik kedinginnan dan jatuh pingsan..kemudian seorang petani melihatnya dan menaruhnya dikantung sakunya yang besar dan membawanya ke desa dan merawatnya hingga akhirnya tanpa ia sadari ia telah berubah, ia melihat dirinya di tepi sungai, dirinya sendiri bahkan tak percaya dengan perubahannya, kemudian melihat kawanan angsa.. mereka sangat cantik, memiliki leher yang panjang, dan bulu putih yang sangat indah, dan mereka terlihat sama dengannya.. ia pergi begabung dan semuanya menerimanya dengan bahagia..Akhirnya ia berenang dengan indahnya bersama angsa-angsa lainnya. Suatu hari ia mendengar anak-anak kecil ditepi sungai berkata, "lihat.. angsa muda itu! ia yang terbagus dari semuanya!". dan iapun menjadi sangat bahagia sejak saat itu.

Apa kalian terharu mendengar ceritannya? hahaha. Ceritanya sangat panjang tetapi ini inti dari semua ceritanya.. aku sangat terharu sekali dengan cerita ini karna akhirnya si itik merasa bahagia dengan dirinya sendiri dan hidupnya dimana sebelumnya adalah 180 derajat dari rasa bahagianya..

Ya ini adalah cerita "the Ugly Duckling Becomes a Beautiful Swan" . 



Tentu saja, saat aku merasa sedih, sering kali lagu yang aku dengar adalah lagu sedih.. memang bertambah sedih tapi ini membuatku lebih ringan untuk mengekspresikan kesedihanku, begitupun saat putus cinta bukan? yah, saat sedih mendengarkan lagu yang bahagia tidak merubah apapun karna itu bukanlah aku saat itu, lagu dimana kita mengekspresikan apa yang kita rasa bukan sebaliknya..

Kenapa "The Ugly Duckling" ? karna ya, permasalahan dan kisah sedihnya menusukku.. sungguh saat menonton kartun ini aku sangat tersentuh, rasanya aku adalah si itik buruk rupa tersebut... saat akhir rasanya melegakan dengan ending yang bahagia.. itu mengapa kupilih cerita ini untuk menghibur perasaanku yang sama sedihnya dengan tokoh utamanya..

Setelah cerita lebar panjangku mengenai film dongeng tersebut, baiklah cerita hidupku pun dimulai. (Semoga sebelumnya kalian tidak bosan dan menikmati cerita dariku tentang "The Ugly Duckling")

Pertama, akan kuberitahukan tentang diriku, diriku yang menjadi masalah dalam hidupku (*menurutku) :

Dimulai dari hari ini kebelakang (*kuharap kedepan lebih baik) , 

Aku adalah gadis kecil cengeng dengan umur 18th -_-'. Penakut adalah julukan dariku untuk diriku sendiri.. setiap kali ada masalah, hal pertama yang kulakukan adalah menangis (*menangis memang tidak menyelesaikan masalah! tapi buatku menangis adalah cara meringankan masalah didalam hatiku.). Aku tidak menangis didepan orang banyak, yang kulakukan adalah menangis dikamarku, ditempat sepi, kadang didalam kamar mandi dengan kran yang mengalir deras agar suara tangisanku tidak terdengar. Terkadang saat tak bisa menahan tangis, aku pernah menangis didepan orang banyak. Aku bisa menangis tanpa henti seharian penuh tanpa tidur. Bila hatiku sedang lemah, nafsu makan dan tidurku bahkan bisa hilang taktersisa sekalipun. 
Apa begitu mengelikan atau terlihat sangat bodoh? tapi bagiku itu adalah cara hatiku untuk protes pada kelemahanku. 

Aku adalah si ugly duckling, dimana aku tak secantik gadis-gadis lainnya.. aku ingin diriku yang anggun dan manis.. tentu saja masalahku ada pada diriku yang tak bisa lebih feminim dari aku yang sekarang, seleraku rendah untuk seorang gadis dalam memilih kosmetik, pakaian, pernak-pernik dan lain sebagainya. Tapi aku menyukai hal-hal yang feminim, manis, cantik, anggun dan semuanya.. pink adalah warna favoriteku dan itu adalah satu hal paling berharga yang bisa aku tunjukkan kesemua orang kalau aku adalah gadis feminim dengan hati yang lembut, manis dan anggun! terserah mereka mengatakan apa tentang aku yang tak bisa berdandan, berpenampilan feminim atau selara yang tak seharusnya kupilih seperti laki-laki (*aku menyukai hal-hal keren! itu saja). Ini adalah diriku, dan aku tidak butuh izin dari mereka terhadap diriku!. 

"Siceroboh yang tak kenal jera". Mungkin bagi mereka yang tak begitu mengerti tentangku, kata-kata itu pantas untukku! yah, aku memang selalu ceroboh.. melakukan sembarangan hal.. menganggap remeh hal-hal kecil dan memilih pilihan yang kadang salah.. tapi bagiku apa itu yang aku inginkan? pikirkan, apakah ada orang yang mau dengan sengaja melakukan hal-hal tersebut? tidakkah itu bukan keinginanku sendiri! ya beginilah diriku yang sangat ceroboh..

Kekanak-kanakan. Aku yang kekanak-kanakan adalah caraku untuk meninggalkan bebanku. Sebenarnya ada saatnya aku bersikap kekanak-kanakkan dan dewasa. Tapi memang terkadang jiwa kekanak-kanakkanku merajai diriku.. tapi jujur saja aku nyaman dengannya. Peduli apa dengan ejekan orang-orang. Bila mereka tidak menyukaiku tak usah berteman denganku! Orang yang menjadi temanku adalah orang yang menerimaku dengan apa adanya diriku dan menyayangiku dengan ketulusan hati bukan karna kelebihan dan memanfaatkan kelebihan seseorang. Mereka yang nyaman berada didekatku dengan apa adanya diriku dan tak menuntut lebih dari apa yang ada pada diriku adalah teman yang akan aku perjuangkan dan aku adalah orang yang lebih dari kata setia kawan! aku akan menyayangi teman yang sayang padaku lebih dari aku menyayangi diriku sendiri!.

Pikun tingkat tinggi. Ini adalah masalah terbesar dalam hidupku yang ada pada diriku. Jujur saja ini adalah 10 kalinya aku berganti telepon genggam, yah... kadang hilang entah diambil orang atau terkadan lupa menaruhnya disuatu tempat dan tak bisa ditemukan kembali. Jangankan Hp, kunci sepeda motorpun kadang sudah berapa kali ditemukan Pak Satpam di kampusku *karna lupa mencabutnya dari kontak kunci jok saat menaruh helm dibawah jok motorku. Ingatan yang buruk ini sungguh sangat mengkhawatirkan! benar-benar membahayakan! lupa mengerjakan tugas (*kurang yakin lupa atau malas :p). Kehilangan uang, pulpen dan sebagainya. yah ini bisa dikatakan ceroboh juga dalam meletakkan sesuatu bukan pada tempatnya sehingga waktu lupa tidak ada pada tempatnya dan hilang! its gone! bagai tertelan bumi! hahaha..

Aku yang manja. Bukan, bukan mandi jarang :p tapi manja! meminta perhatian lebih! Jujur saja aku bukanlah anak dari keluarga yang kaya raya dan orang tua yang bisa membelikan apapun yang aku minta. Tapi sifat manjaku ini tumbuh dengan sendirinya karna mungkin sifat kekanak-kanakkanku yang tak hilang-hilang. Sifat manjaku ini membuatku selalu bergantung pada orang lain. Siapapun! entah itu orang yang baru kukenal atau keluargaku sendiri! tanpa sadar aku telah bergantung pada mereka. Sebenarnya itu bukan keinginanku secara sadar, aku tidak ingin menyusahkan orang lain tapi tetap saja pada akhirnya menyusahkan mereka. Jujur saja aku punya kakak-kakakku yang hebat, cerdas dan aku banggakan.. aku selalu iri pada mereka yang bisa membahagiakan orang tuaku, dari prestasi mereka, ayukku yang cantik dibandingkan aku yang buruk rupa, pendidikan yang luar biasa dan pekerjaan yang hebat, kakakku yang dengan full menyayangi orang tuaku, kakaku yang bekerja membantu keluarga membahagiakan mereka.. kakak-kakakku yang membuatku iri menjadikan manja.. menginginkan perhatian lebih dari orang tua yang tak bisa aku banggakan atas diriku yang sangat tak istimewa ini.

Itulah terkadang masalahku ada pada diriku.. aku berharap aku menjadi the Ugly Duckling becomes a Beautiful Swam! yah dari aku yang seperti ini menjadi hebat dengan aku yang kuinginkan 180 derajat dari aku sekang.. dan akhir yang bahagia seperti si itik buruk rupa..

Baiklah masalah dalam hidupku, banyak hal dalam hidup sebenarnya adalah masalah.. hanya saja bagaimana cara kita mencari solusi yang tepat agak masalah menjadi akhir yang baik dan tidak memburuk. Masalahku sama dengan orang-orang kebanyakan! Pendidikan, Ekonomi, Uang, Pekerjaan, Keluarga, Lingkungan, Teman, dan Cinta.

Pendidikan, melalui pendidikan aku akan menjadi orang hebat dengan berbagai ilmu yang aku dapat. Hanya saja kadang pengaplikasian yang tak sejalan dengan apa yang diinginkan! Pemikiran yang pendek, kurangnya memahami pelajaran dan depresi tingkat tinggi menjelang kelulusan.. Bukan, masalahku bukanlah terlahir menjadi anak yang bodoh.. pada dasarnya semua pengaplikasian diotak manusia sama, tentang bagaimana caranya orang tersebut menggunakannya.. menerima dan menangkapnya dan cara reall aplikasinya ke dunia nyata. Aku senang dengan gambar-gambar yang membuat otakku lebih cepat mencerna pemahaman yang diberikan! tapi sayang, tak semua buku pelajaran yang ada mengandung unsur gambar!, tak mungkin dosen mengajar sambil menggambar, makanya aku lebih suka praktek dibanding teori,, aku suka menghitung dibanding menghafal! ingatanku jelek dalam banyak hal terutama tulisan -_-' .Makanya nilai matematikaku 90an atau dikatagorikan A/A+ tapi nilai bahasaku apalagi sejarah dan hafal menghafal dibawah 5, bisa dibilang C/D/E yah masa SD SMP SMA yang membahagiakan dan juga menyedihkan! Tapi sekarang aku bersyukur mengambil Teknik Kimia D3 Polsri. Kalian tau, pengaplikasian praktek lebih banyak dibanding teori, mengenal angka lebih banyak dibanding tulisan.. dan itu mengapa kupilih jurusan ini walau terdengar sedikit seram... Tapi tetap saja pada akhirnya saat ujian menghafal adalah satu-satunya jalan untuk mendapatkan nilai tinggi saat ujian, karna ujian yang utama adalah teori. Menyayangkan sekali... --'

Ekonomi dan uang, sepertinya ini adalah masalah bagi semua orang! haha.. bahkan orang kaya raya pun memiliki masalah dengan ini bahkan rakyat jelata sepertiku... (*hahaha). Apalagi aku seorang mahasiswi, belum bekerja dan menghasilkan uang! yang aku lakukan adalah meminta dengan kedua orang tuaku..
Yah, masalahku disini.. aku tak bisa dengan riang gembira mempunyai apapun yang aku ingin dan aku suka.. karna uang yang aku punya adalah uang jajan yang dalam sehari kuhabiskan untuk makan dan mengisi bensin  motorku... menyedihkan... mau nabung? stop mkn?? tidakkkk.... hahaha.. yah, paling sesekali korupsi uang tak terduga seperti (uang bensin, uang bikin mkalah, uang buku, dll. *mau jadi apa anak bangsa? masih kecil dah korupsi?? huahaha.. ~sedikit kok :p) 

Pekerjaan, ini masalahku nanti saat aku lulus D3 kuliahku.. tapi tetap sampai sekarang aku khawatir akan bekerja dimana dan apakah akan dapat pekerjaan yang baik dan bagus.. tak harus seperti kakak-kakakku.. paling tidak cukup untukku dan membantu orang tuaku atau cukup untuk keluargaku nanti..  yah ini masalah yang cukup menggangguku...

Keluarga,, hm... semua orang pasti pernah mengalami masalah apapun yang berkenaan dengan masalah keluarga bukan... ini rahasiaku ^^

Lingkungan dan teman.. Menyesuaikan diri dengan lingkungan, simbiosis mutualisme, saling tolong-menolong tapi tetap saja pada akhirnya ada konflik didalamnya.. entah itu orang-orang disekitar atau dengan teman sendiri.. kadang menyakitkan bila teman dekat tidak mengerti dan mengenal kita lebih jauh... kadang orang lain menganggap remeh diri kita, kadang dipandang sebelah mata oleh orang-orang yang kita kagumi, merasa dikucilkan atau diacuhkan, dianggap bodoh atau tidak berguna... sering bukan dalam lingkungan kita terjadi hal-hal yang seperti itu.. entah kita yang diperlakukan seperti itu atau kita yang memperlakukan orang lain seperti itu.. baik secara sadar maupun tidak sadar.. baik secara suka maupan tidak suka.. pada akhirnya tetap saja menjadi masalah yang berat dalam hidup dan berpengaruh pada diri kita..

Cinta. Satu kata ini memiliki arti luas..
cinta menurutku jauh sebelum aku merasakan patah hati, kalian tahu, temanku pernah mengalami patah hati jauh sebelum saat aku mengenal namanya cinta..
perasaan trauma akan disakiti hinggap begitu saja yahh jelas-jelas yang mengalaminya bukan aku melainkan temanku,
mau cerita boleh? (*bolehla.. yg nulis siapa, blog blog punya siapa coba.. suka-suka yg punya blog dong :p)

oke, namanya ina (*sebut aja gitu biar lebih gampang jelasinnya), waktu itu kita kelas 2 smp.. ina bilang dia cinta bgt sama cowok kelasku romi (*kita beda kelas) aku sih ketawa2 aja... jelas aja romi orangnya gak bgt dah! trus ina minta aku buat bantuin dia, oke karna saya adalah catwoman.. eits, sahabat baiknya maksudnya jadi aku bantu deh ina mengejar cintanya.. jiah..*gubrak! (*masalahnya saya gak percaya ama cinta -_-' umur kita segitu mah namanya suka-sukaan monyet aja,, eh... bukan bukan... ina sama romi bukan monyet mereka manusia xp) setau saya cinta itu yah bisa dirasain kalo pikiran kita dah dewasa, udah serius dan mikirin persoalan masa depan kyak menjalin ikatan keluarga alias nikah dan siap punya anak dan jadi kakek nenek nantinya.. kalo umur sigini mah, kelas 2 smp? masih jauh perjalannya..
kalo aku pacaran sih iya namanya juga suka-sukaan jaman smp sma.. tapi gak serius amat ampe cinta ato bahkan ngejar2 cowok, gengsi dong sebagai cewek yg harusnya di kejar.. cewek harus mahal! gak boleh murah2 ya gak? (*emansipasi wanita! merdeka! menang atoi mati! yeahh.. xp) oke, balik ke cerita.. udah 3 minggu ampir 1 bulan aku ngedeketin mereka, apa2 aku rela pasang muka cerah buat minta romi mau aku ajak kesana kesini bareng si ina.. (*harga diri gue bro T.T) yah untungnya romi mau kalo engga' beneran deh harga diri gue keinjek2 dah tu!. kupikir 3minggu dah sangat lama buat mereka pdkt habis ina bilang si romi gak nembak2 jd dianya sebel ==' yaudah, aku tanya deh si romi suka gak sama si ina? dia bilang sih dikit... yah mo gimna lagi yg namanya suka gak bisa dipaksa2..oke ina tetep kebelet, akhirnya dia yg nembak romi ==' (*kasihan gue, ina kalo lo baca post ini maaf y gak pasang nama asli kok.. hehe :p/viss) well, ina nembak romi dan romi nerima ! yeah untungnya~ . Trus 2 bulan berjalan, mereka putus.. hii~ si ina nangis-nangis.. aku gak tau ni mo gimana coba, ceritanya agak tragis..mirip dengan kisahnya aku waktu pacaran jg tapi bedanya aku senyum aja, dansok cool mutusin pacarku tapi si ina kyaknya gak,, waktu ina jalan ma temen2nya, ina liat romi ber2 sama cewe' dijalan.. trus ina sms tuh romi nanya lagi dmn katanya lagi dikosan tmnnya, trus ina langsung ngegap si romi percis depan mukanya.. katanya sih si romi gelagapan trus ina teriak2 ini siapa.. ya tuh cewek juga gak terima ikut2an pake urat nadanya nanya balik.. ina marah trus lempar tasnya kemuka tuh cewek si cewek gak terima trus berantem deh! si romi bangga kali y? direbutin 2 cewek.. gak bgt!. trus pas si romi mo misahin ehh ina nampar romi! mirip sinetron dah.. kalo audisi sinetron mereka ber3 dapet golden star sangking sinetron abis.. eh romi ikutan mukul kepalanya gak nampar sih, trus ina nangis~ lari dah tuh, pas denger cerita ngenes kayak gitu yang sakit hati akunya... T.T makanya dari situ dah tuh aku gak gitu percaya ama setianya cowok, romi yang gak bgt aja selingkuh apa lagi yg ganteng abis --' trus tragisnya bisa-bisanya tuh cowok mukul cewek.. yah walau ina sih pake' nampar.. depan umum siapa yg gak marah.. tapi tetep aja yang salah rominya.. si ina juga kelewatan suka sama cowo segitunya, dah tau jaman2 gitu mah umur2 segitu maunya main2 gak peke serius eh ditanggepi cowok gitu, aku nemu cowok gitu senyum aja trus buang deh tempat sampah, gak pantes dipertahanin dan diributin ==' kasih aja ama tuh cewe' klo mau cowo' ngenes kyk gitu, ya gak.. untungnya pengalaman ini lebih dulu dari yg aku alamin jadi aku tau harus ngapain ngadepin masalah yang kyk gini.. yah, sekarang sih dah kuliah.. dah serius buat cari calon suami xD makanya kalo satu ini nyakitin bener2 sakit hati, gak pke sakit lagi tapi dah hancur-hancur dah tu kyak lagu olga hancur-hancur hatiku xp.


stop udah disini aja ^^ postnya panjang bgt... kalo lebih dari ini kyknya bukan postingan tapi novel ==' /v



domo arigatou gozaimasu ^^/ jaa-ne ~

2 comments: